Dampak Positif dan Negatif Handphone bagi Pelajar, Membantu atau Mengganggu ? - Coeg Glyn

Dampak Positif dan Negatif Handphone bagi Pelajar, Membantu atau Mengganggu ?


Dampak Handphone - Handphone udah jadi suata alat yang gak bisa di pisahin di keseharian kita, penggunaan nya bukan cuman mempengaruhi orang-orang dewasa, tapi udah merembet dampak nya ke para pelajar sekarang. kalian tau gak, akhir-akhir ini ada topik yang anget banget buat di bahas, yaitu dampak positif dan negatif dari handphone bagi pelajar. Karena dengan di picunya teknologi yang semakin berkembang, penggunaan handphone di kalangan para pelajar juga melambung tinggi. Apa aja sih dampak-dampak nya dari handphone itu?, tenang kita bakal ngebahas tuntas permasalahan ini.

Dampak Negatif Handphone bagi Pelajar

Kebanyakan orang orang pasti ngebahas suatu hal pasti cenderung ke dampak positif nya dulu, tapi nggak buat coeg, kita bakal ngebahas dampak negatif nya aja dulu :

Penyebab dari Ketergantungan

Kalo kalian make handphone, khususnya buat yang masih pelajar nih, kalian bakal masuk kedalem fase ketergantungan terhadap benda tersebut. semua hal yang mau kalian kerjain pasti harus make handphone, gak salah sih kadang juga ada waktu dimana kalian harus make handphone buat ngerjain sesuatu yang kalian butuhin, tapi gak selalu harus mengutamakan make handphone juga. Kalo apa-apa harus pake handphone, yang ada malah interaksi sosial kalian jadi kurang, dan itu masuk kedalam dampak yang negatif.

Menurun nya Keterampilan Sosial

Yang paling penting sebenernya adalah interaksi sosial dari para pelajar, kalo kalian menggunakan handphone dengan waktu yang berlebihan percaya gak percaya interaksi sosial yang kalian alamin bakal terbatas lho. Karena apa, karena cenderung lebih milih berkomunikasi lewat medsos daripada lewat interaksi secara langsung. Nah dari sini juga timbul nya penurunan dari keterampilan sosial yang ada di dalam diri. kalian bakal susah buat komunikasi secara verbal, ngebaca ekspresi dari wajah lawan bicara, bahkan buat ngenalin emosi dari lawan bicara juga sulit.

Kualitas Tidur jadi Berdampak

Sering banget pasti kalo sebelum tidur main handphone dulu, boleh sih sebenernya, cuman harus tau batasan juga, kalo berlebihan itu bisa ngaruh ke kualitas jam tidur lho. Paparan sinar berwarna biru dari layar handphone bisa menghalangi produksi hormon melatonin, terus pengaruh nya apa ?, karena hormon tersebut adalah hormon yang bertanggung jawab pada siklus tidur kalian. Akibat dari terhalangnya produksi hormon tersebut adalah kesulitan tidur ataupun tidur yang di rasakan gak nyenyak, hal itu akan berdampak pada kinerja otak kalian di sekolahan.

Risiko pada Kesehatan

Menggunakan handphone dengan porsi yang berlebihan juga bisa menyebabkan risiko lho ke kesehatan tubuh. Saat kalian bermain handphone, tubuh bakal terkena paparan radiasi elektromagnetik dari handphone yang kalian mainin, dan itu emmacu potensi kerusakan yang besar pada kesehatan tubuh. Gak cuman itu aja sih, saat menggunakan handphone secara berlebihan juga bisa berdampak pada postur, kayak punggung sakit, leher sakit, kenapa bisa sakit ? karena saat bermain handphone posisi yang kalian pake itu gak ergonomis.

Besarnya Kecanduan Medsos dan Game

Bicara masalah penggunan handphone bagi pelajar pasti bakal ada kaitan nya dengan game dan juga medsos, karena minat para pelajar kepada dua hal ini itu besar banget. kalian gampang banget kejebak di fase kecanduan pada game dan juga medsos ini. kalo cuman buat hiburan sih gak masalah, cuman jangan sampe lupa waktu juga sampe gak belajar, kalo kalian kecanduan, waktu buat belajar pun pasti menurun. Lebih parah nya lagi kalian sampe gak peduli sama lingkungan sekitar dan jadi anak yang nolep.

Dampak Positif Handphone bagi Pelajar

Mempermudah Untuk Beromunikasi

Handphone juga mempermudah komunikasi antara pelajar, guru, dan orang tua. Kalian bisa menghemat waktu buat menghubungi teman sekelas untuk mendiskusikan tugas dari sekolah, bertanya kepada guru tentang materi yang belum paham, atau memberi tahu orang tua tentang kegiatan di sekolah. Komunikasi yang efektif ini dapat meningkatkan kerjasama dan kesuksesan belajar.

Pengembangan Keterampilan di Dunia Digital

Di waktu yang kaya sekarang ini, keterampilan digital menjadi sangat penting. Penggunaan handphone bisa ngebantu kalian buat ngebangin keterampilan teknologi dan internet. kalian belajar buat menggunakan aplikasi, mengelola informasi, dan berinteraksi dalam lingkungan digital. Keterampilan ini akan sangat berharga di dunia kerja masa depan.

Akses Informasi Menjadi Lebih Luas

Handphone memberikan kalian akses yang lebih luas terhadap informasi yang ada. Dengan menggunakan handphone, kalian jadi lebih gampang buat nyari materi pelajaran, membaca buku elektronik, atau mengakses sumber informasi online. Ini berpotensi buat  memperluas pengetahuan tentang di luar yang diajarkan di dalam kelas.

Sebagai Sumber Inspirasi dan juga Motivasi

Handphone juga dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi buat diri kalian. Lewat handphone, kalian bisa nemuin konten inspiratif , contohnya kayak video motivasi, presentasi TED, atau cerita sukses dari tokoh-tokoh terkenal. Hal ini dapat membangkitkan semangat dan ambisi pada diri sendiri untuk meraih prestasi lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Dampak Positif dan Negatif Handphone bagi Pelajar, Membantu atau Mengganggu ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel