Cara Memperbaiki Ponsel yang Rusak Air dengan Baterai Bawaan - Coeg Glyn

Cara Memperbaiki Ponsel yang Rusak Air dengan Baterai Bawaan


Ponsel Rusak - Hello guys pasti kalian pernah ngalamin kan handphone rusak karena kemasukan air, karena gak tau ngebenerin nya gimna, terus kalian bingung deh dan langsung main bawa aja itu handphone ke tukang service nya, kalian pas banget ketemu sama artikel nya coeg yang satu ini. Handphone yang rusak karena terkena air itu pasti bisa terjadi, apa lagi pake baterai tanam. Tapi dengan kalian tahu ilmu yang tepat dan juga tindakan yang gak telat, kalian bisa tuh memperbaiki sendiri handphone yang rusak terkena air itu. Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakuinbuat nyelamatin handphone kalian itu dan sekarang coeg bakal ngasih kalian solusi yang praktis dan juga tips dari ahlinya soal cara mengatasi tantangan ponsel yang rusak karena air masuk kedalam baterai tanam.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam

Ketika handphone kalian terendam air dan baterai yang ada di hp kalian itu pake baterai tanam, kalian harus melakukan tindakan segera buat mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang harus kalian lakuin ketika menghadapi situasi seperti ini:

Matikan telepon Anda: Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mematikan handphone kalian yang terkena air itu untuk menghindari adanya konsleting. Tekan dan tahan tombol daya hingga ponsel mati sepenuhnya.

Keluarkan kartu SIM dan periferal eksternal: Lepaskan baki kartu SIM dan periferal eksternal lainnya yang terpasang ke telepon kalian dengan hati-hati. Ini akan membantu meminimalkan risiko korosi internal.

Keringkan bagian luar: Gunakan kain lembut bebas serabut untuk menyeka bagian luar ponsel Anda dengan lembut. Pastikan untuk menghilangkan air atau uap air yang terlihat dari permukaan.

Hindari menggunakan sumber panas: Berlawanan dengan kepercayaan populer, menggunakan sumber panas seperti pengering rambut atau oven dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada perangkat Anda. Hindari menggunakan panas yang berlebihan karena dapat melengkungkan atau melelehkan komponen internal.

Sekarang setelah kalian tahu tentang langkah-langkah awal, mari beralih ke metode mendetail untuk memperbaiki ponsel yang rusak karena air dengan baterai bawaan.

Perbaikan Cepat untuk Ponsel yang Rusak Air

1. Beras: Mitos yang Terbantahkan

Beras telah lama disebut-sebut sebagai solusi untuk mengeringkan perangkat yang rusak karena air. Namun, ini bukan metode yang efektif dan bahkan dapat menyebabkan lebih banyak kerugian. Beras tidak dapat secara ajaib menyerap kelembapan dari dalam ponsel kalian, dan partikel-partikel kecilnya dapat bersarang di port pengisian daya atau pemanggang speaker. Sebaiknya hindari penggunaan nasi sama sekali.

2. Silica Gel: Alternatif yang Lebih Baik

Paket gel silika sering ditemukan di sepatu baru atau kemasan elektronik. Paket ini dirancang untuk menyerap kelembapan dan dapat menjadi alat yang efektif untuk mengeringkan ponsel kalian yang terkena air. Inilah yang perlu kalian lakukan:

- Keluarkan handphone kalian dari dalam air dan keringkan dengan lembut menggunakan kain.

- Tempatkan handphone yang kemasukan air ke dalam wadah kedap udara atau kantong ziplock.

- Tambahkan beberapa paket gel silika ke wadah atau tas.

- Tutup wadah atau tas dan biarkan tidak terganggu setidaknya selama 24-48 jam.

- Setelah waktu yang disarankan berlalu, lepaskan ponsel Anda dan periksa tanda-tanda kelembapan.

- Jika ponsel kalian masih dalam keadaan lembap, ulangi prosesnya selama 24 jam lagi.

3. Metode Vakum

Menggunakan penyedot debu dapat membantu menghilangkan kelembapan berlebih dari ponsel Anda. Inilah cara melakukannya:

- Atur penyedot debu yang kalian pakai ke pengaturan daya terendah.

- Posisikan nosel dengan lembut di dekat area ponsel  yang terpengaruh.

- Biarkan penyedot debu mengeluarkan kelembapan selama beberapa menit.

- Ulangi proses ini dari sudut yang berbeda untuk memastikan pengeringan maksimal.

Ingat, perbaikan cepat ini adalah solusi sementara dan mungkin tidak menjamin pemulihan secara maksimal ke ponsel kalian yang rusak karena air. Dianjurkan untuk melanjutkan dengan waspada dan mempertimbangkan bantuan profesional jika masalah berlanjut.

Belum ada Komentar untuk " Cara Memperbaiki Ponsel yang Rusak Air dengan Baterai Bawaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel