Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya - Coeg Glyn

Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya

 


Rasa Ngantuk - Kondisi ngantuk udah jadi masalah yang umum banget di rasain sama banyak orang tiap hari, entah itu saat proses pembelajaran ataupun saat bekerja, menahan rasa ngantuk bisa mempengaruhi sisi produktivitas dan juga kesegaran di diri kalian. Kadang kita betanya-tanya kenapa sih ngantuk mulu rasanya, kita kulik tuntas alasan kenapa rasa ngantuk sering datang tiba-tiba, kalian bisa melakukan langkah yang sesuai untuk menyelesaikan rasa ngantuk itu.

Memahami Penyebab Rasa Ngantuk Datang

Jam Tidur Tidak Cukup

Alasan yang paling logis saat rasa ngantuk datang tiba-tiba adalah karena kurang nya jam tidur kalian. Jaman sekarang orang-orang sering ngorbanin jam tidur mereka buat nyelesain urusan ataupun pekerjaan. Estimasi waktu jam tidur yang baik untuk manusia ada sekitar 7 sampai 8 jam per malam nya. Tapi karena mereka punya jadwal kerja ataupun urusan yang padet, kekurangan jam tidur secara berkala bisa menyebabkan risiko kecelakaan yang serius.

Kualitas Tidur Yang Tidak Baik

Walaupun kalian berhasil buat dapetin waktu yang cukup buat tidur, gak bisa jadi patokan buat kualitas tidur kalian, karena kualitas tidur memegang peran penting buat nentuin seberapa fresh nya suasana kalian di siang hari. ada beberapa hal yang bisa membuat kualitas tidur kalian jadi gak baik, kayak insomnia, kebisingan, pola tidur, bahkan lingkungan pun jadi faktor yang menentukan kualitas tidur kalian baik atau buruk. 

Masalah Pada Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian atau biasanya di kenal dengan jam internal tubuh memiliki fungsi di bagian pengaturan siklus tidur dan bangun nya kalian. Adanya masalah di ritme ini membuat kalian menjadi susah untuk tidur, kurangnya kelelapan tidur kalian. Biasanya, penyebab hadir nya gangguan ritme sirkadian berasal dari jet lag, kerja sift, dan juga terkena paparan layar yang terlalu terang dalam jangka waktu lama. Jika kalian sudah mampu menjalankan tidur yang sehat, itu bisa meminimalisir rasa ngantuk yang datang tiba-tiba.

Faktor Nutrisi

Pola makan yang kalian jalanin bisa juga mempengaruhi kualitas tidur dan energi yang ada di dalam tubuh. memakan makanan dengan kandungan yang berat di saat waktu jam tidur tiba dapat membuat kalian merasa lemas dan juga rasa ngantuk yang berat. Ketika tubuh kalian tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik juga bisa jadi faktor yang menyebabkan rasa lelah dan juga ngantuk. Hindari lah memakan makanan dengan kandungan yang tunggu sebelum waktu tidur untuk mendapatkan energi yang segar di siang hari.

Pengobatan Dan Kondisi Medis

Kondisi medis dan juga obat-obattan terkait juga bisa jadi faktor penyebab ngantuk yang datang. kondisi depresi, gangguan tidur, anemia, dan masalah tiroid bisa mengganggu pola tidur yang kalian terapkan. Hal lain, obat obatan tertentu juga memiliki efek samping yaitu menyebabkan rasa kantuk. Kalo kalian mengira jika pengobatan maupun kondisi medis menjadi penyebab dari rasa kantuk yang berlebihan, segeralah melakukan konsultasi dengan pakar kesehatan, agar kalian bisa mendapatkan panduan yang efektif dan juga diagnosa yang sesuai.

Strategi Untuk Mengatasi Rasa Kantuk yang Berlebihan

Setelah kalian memahami beberapa penyebab dari rasa ngantuk yang berlebihan, ada step terakhir yang perlu kalian terapkan, agar rasa kantuk yang kalian hadapi itu sesuai.

 Prioritaskan Tidur:  Belajar untuk menjadikan tidur sebagai rutinitas yang di prioritaskan, tapi jangan tidur terus kerjaan nya, itu salah. tentukan jadwal yang baik dan harus konsisten, ciptain lingkungan yang enak buat tidur dengan cara mematikan lampu saat mau tidur. Usahakan melakukan kegiatan yang santai aja seperti mandi dengan air yang hangat ataupun membaca novel, karena kegiatan itu bisa memberikan sinyal ke tubuh kita untuk istirahat dengan tenang.

Optimalkan Lingkungan Tidur: Evaluasi lingkungan tidur kalian untuk memastikannya mendukung tidur nyenyak. Investasikan kasur dan bantal yang nyaman yang memberikan dukungan yang tepat untuk tubuh. Lakuin untuk menggunakan tirai anti tembus pandang atau masker mata untuk menghalangi kelebihan cahaya yang dapat mengganggu kegiatan tidur. Kurangi kebisingan dengan menggunakan penyumbat telinga atau memainkan white noise, dan pertahankan suhu ruangan yang kondusif untuk tidur.

Tetapkan Kebiasaan Tidur yang Sehat: Menjaga kebiasaan tidur yang sehat dapat secara signifikan meningkatkan kualitas tidur. Hindari mengonsumsi kafein atau stimulan mendekati waktu tidur, karena dapat mengganggu. Batasi paparan perangkat elektronik sebelum tidur, karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar dapat mengganggu ritme sirkadian di dalam tubuh. Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur di siang hari, tetapi hindari olahraga berat terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat mempersulit untuk untuk tertidur.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel